19 Jul 2009

berdialog dibawah pokok

aku : doc saya begitu hairan sekali mengapa didunia ini ada orang yang hatinya baik, menghormati orang lain dan dalam bersamaan ada juga orang yang punya hati yang kurang baik, dan memandang rendah orang? itu kalo dari aspek neurologi bisa dikaitkan ngak?

doc : begini dek, sebenarnya itu tergantung kepada perseptif orang.setiap orang itu mempunyai persepsi yang berbeda terhadap orang lain. ada bagian didalam(aku lupa la dr cakap kat mane) otak dimana terdapat pusat persepsi kita dan setiap orang berbeda2 persepsinya pada orang lain.ada yang menganggap dirinya lebih superior dari yang lain makanya dia memandang rendah orang lain.semuanya itu tergantung pada pusat persepsinya didalam otak.

aku : artinya itu semua dikembalikan kepada ALLAH doc ya? kalo seperti kita2 ini ALLAH telah menganugerahkan kita pusat persepsi yang baik makanya kita tidak memandang rendah dan berlaku jahat terhadap yang lain?

doc : ya dek, SUBAHANALLAH coba kau lihat luar biasanya tuhan menjadikan proses2 yang berlaku didalam otak kita. semakin banyak yang saya pelajari maka semakin saya lihat kebesaran tuhan. semuanya bisa dihubungkan dengan ilmu pengetahuan. saya kasi satu contoh, bagaimana, dalam satu keluarga, dua beradik itu bisa berbeda sifatnya sedangkan dididik dan hidup pada persekitaran yang sama.

aku : mengapa bisa begitu doc?

doc : ini bisa dikernakan oleh yang namanya plastisitas(sori ar aku pun xtau camne nak eja ngn betol) didalam otak. mungkin waktu anak pertama dilahirkan kerna masih belum berpengalaman, dibiarkan, tidak diusap2 kepalanya saat setelah dilahirkan, sedangkan anak kedua, setelah dilahirkan, diberi lebih perhatian dan diusap2 kepalanya saat setelah melahirkan. maka itu nanti kedepannya bisa menyebabkan perbedaan sifat antara dua beradik itu. disamping juga nanti kedepannya ditambah dengan faktor2 lain.

aku : jadi sampai sebegitu detailnya doc?

doc : ya.

aku : luar biasa sekali kalo begitu.


p/s- sebenarnya dr terangkan kat aku detail tapi aku pun lupa2 ingat so aku gambarkan dialog ini secara umum saja. tujuannya supaya nak berkongsi kebesaran ALLAH. disamping kita ni muda2 dan banyak buat jahat aku rasa xsalah kita relaks sejenak dan pikirkan kebesaran ALLAH.kalau kita berfikir maka kita senang2 je boleh bertemu dengan kekuasaan dan kehebatan ALLAH.

4 comments:

  1. detail betul. setiap langkah ada effectnya. bagus betul entri ni.

    ReplyDelete
  2. kalo ko minat ko try le baca pasal neurology.menarik benda ni tapi aku malas baca. tanya dr je la keja aku.

    ReplyDelete
  3. Benda as simple as that rupenyer Allah dah detailkan dalam penciptaanNya...Hebat2..
    Subhanallah~~

    ReplyDelete
  4. ALLAH maha besar. kat mane2 ada kebasaran ALLAH. tinggal kita nak bukak mata hati kita je untuk melihat kebesaran ALLAH.

    ReplyDelete